IDUL ADHA 1437H - 2016M

"Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar. Laailahaillahu Allahuakbar. Allahuakbar walillahilham." Suara takbir mulai menggema sejak 10 Dzulhijjah kemarin. Sekarang tepat tanggal 11 Dzuhijjah yang jatuh pada tanggal 13 September 2016, ada acara besar di bumi Spada. Acara tahunan yang dilaksanakan oleh OSIS ini berlangsung sangat meriah. Dengan agenda yang telah direncanakan sebelumnya, tahun ini Spada mengumpulkan hewan qurban sebanyak 2 ekor sapi dan 20 ekor kambing.

Pukul 06.30 para siswa mulai berdatangan dengan seragam taqwa khas Spada. Sementara para anggota OSIS mulai mempersiapkan untuk acara apel buka. Tak berselang lama, bel pun berbunyi. Semua siswa berbaris di lapangan dan tepat pukul 07.00 apel pun dibuka. Apel buka kali ini berisi mengenai pembacaan laporan kegiatan acara Idul Adha oleh salah satu anggota OSIS, beberapa sambutan dari bapak kepala sekolah, penyerahan secara simbolis yang dilakukan oleh ketua umum OSIS, dan diakhiri dengan doa serta beberapa informasi tambahan dari Bapak Aris Wibowo. Tiga puluh menit berselang apel pun selesai. Tak perlu menunggu lama, kambing

pertama disembelih 5 menit berselang dari apel buka oleh Bapak Zen Rugam berseta rekan-rekan lainnya. Begitu pula dengan sapi, satu demi satu hewan qurban termasuk sapi disembelih atas nama Allah SWT.

Seiring dengan berjalannya waktu, beberapa acara lomba yang telah direncanakan akan segera dimulai. Siswa yang mengikuti lomba qasidah berkumpul di Lab. Ipa, sementara siswa yang mengikuti lomba bakar sate mempersiapakan diri serta bahan-bahan di lapangan sekolah. Lomba qasidah yang diselenggarakan di Lab. Ipa diawali dengan sambutan dari Bapak Romadoni, kemudian penyampaian kriteria-kriteria yang akan dinilai. Setelah itu, lomba qasidah pun dimulai. Dengan pembawa acara dari salah satu anggota OSIS dan dengan juri yakni, Bapak Romadoni, Bapak Priyatmodjo, dan Ibu Yuli selaku perwakilan dari guru PPL. Untuk lomba bakar sate, acara dimulai pukul 08.05 dan pukul 10.05 mayoritas peserta lomba telah menyelesaikan tugasnya yang ditandai dengan tertata rapinya beberapa tusuk sate dengan hiasan-hiasan kecil di atas meja kelas masing-masing. Pera dewan juri langsung menilai dengan mencoba satu demi satu. Kriteria untuk perlombaan kali ini yakni, cara penyajian dan kebersihan, rasa, dan tinggat kematangan daging.

Pukul 10.30, acara hiburan dimulai. Yakni penampilan dari pemenang lomba qasidah dari masing-masing angkatan. Tak berselang lama, inilah saat yang dinanti oleh seluruh siswa. Acara makan bersama. Setiap anak mendapat 4-5 tusuk sate yang telah dibakar oleh tim bakar sate dari kelas masing-masing ditambah dengan beberapa tusuk sate dari pihak sekolah. Tiga puluh lima menit kemudian, pengumuman juara lomba dibacakan dan beberapa hadiah pun dibagikan. Seluruh siswa, OSIS, dan guru-guru serta karyawan diperkenankan beristirahat dan bel pulang pun berbunyi tepat pukul 12 siang.

Itulah sedikit rangkuman yang terjadi di bumi Spada hari ini. Semoga kedepannya dalam memperingati Idul Adha dan acara-acara lainnya, Spada dapat memperingatinya dengan lebih baik dan lebih bermanfaat untuk semuanya. Amiin..


Oleh                : Firda Rachmawati
Berita acara : Sefi (8C)
                            Salma (7B)