KEGIATAN STUDY TOUR SISWA KELAS VII KE PUSAT PENELITIAN KOPI DAN KAKAO INDONESIA

Kegiatan ini adalah merupakan salah satu bentuk pembelajaran di luar kelas pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) semester dua tahun pelajaran 2016/2017. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao yang teletak di kawasan Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember adalah perkebunan tanaman kopi dan kakao yang kami kunjungi sebagai bentuk study tour. Letak perkebunan percobaan kopi dan kakao ini juga  memiliki laboratorium dan pabrik pengolahan biji kakao, kopi dan coklat konsumsi dan berjarak sekitar 20 km arah selatan dari sekolah kami yaitu SMPN 2 Jember atau dapat ditempuh dengan kendaraan selama setengah jam.

Perjalanan  kami dimulai sekitar pukul 07.00 WIB  pada hari  Minggu tanggal 12 Maret 2017 dan diikuti sebanyak 178 siswa –siswi kelas VII (A, B, C, D dan E) SMPN 2 Jember. Rombongan berangkat menggunakan bus. Perjalanan ini sepenuhnya atas bantuan donatur wali murid, yaitu Ibu  dr. Hj Faida, MMR Rombongan kami sampai di perkebunan pukul 07.30 WIB. Kami semua diarahkan menuju lapangan tenis untuk mengikuti penjelasan awal tentang Puslit Kopi dan Kakao Indonesia yang disampaikan oleh Bapak Agus Budi. Setelah itu sambutan Bapak Kepala Sekolah, M. Subarno dan Ibu dr. Faida, dilanjutkan dengan pengambilan foto bersama. Kemudian kami diajak berkeliling perkebunan, melihat area perkebunan yang ditanami kopi dan kakao dengan mengendarai mobil kayu yang sudah disediakan oleh pihak Puslit dengan didampingi seorang pemandu wisata yang menjelaskan setiap area dan jenis-jenis tanaman kopi dan kakao yang ditanam di aarea perkebunan.

Puslit Percobaan Kaliwining ini mulai dibuka untuk umum sebagai wisata edukasi sejak bulan Mei 2016. Untuk berkunjung di sini pengunjung tidak dipungut biaya dan diajak untuk melihat proses pembuatan coklat mulai dari biji kakao yang semula difermentasi secara manual lalu  dikeringkan pada mesin pengering dan biji yang sudah kering dipisahkan dari kulit ari menggunakan mesin. Kepada kami dijelaskan bagaimana proses biji coklat menjadi coklat bubuk ataupun yang sudah diambil lemak coklatnya sehingga menjadi pasta coklat yang siap dicampur gula kemudian dibekukan hingga dikemas menjadi produk coklat yang siap dikonsumsi.

Setelah kami berkeliling mendengarkan penjelasan dari pemandu wisata dan melihat alat-alat pengolahannya, kami semua menuju ke rest area untuk menunggu giliran melihat secara langsung proses pengolahan kopi dan kakao di pabrik. Tidak semua orang bisa masuk ke pabrik ini, karena harus steril. Kita harus melepas sepatu, memakai penutup kepala, masker dan jas lab khusus. Setelah makan siang kami mengunjungi Outlet Vicco  yang menyediakan aneka produk hasil olahan pabrik. Di sana ada beberapa produk yang dapat dibeli oleh pengunjung mulai dari kopi kemasan, ice cream, coklat, sabun coklat, permen , dan bermacam-macam coklat baik dark coklat maupun coklat berisi kacang mede. Tak hanya itu di Outlet Vicco juga tersedia minuman yang terbuat dari kopi dan coklat yang bisa langsung dinikmati pengunjung.

Produk yang ditawarkan di Outlet Vicco dijual dari yang kemasan kecil hingga besar, dengan kisaran harga termurah Rp. 3.000.00 hingga Rp. 45.000.00. Misalnya saja minuman coklat cream  kemasan siap minum seharga Rp. 3.000.00, ice cream coklat hanya Rp. 4.000.00, cocoa soap kemasan 80 gram seharga Rp. 6.000.00, sedangkan yang besar seharga Rp. 8.000.00. Untuk vicco chocolate kemasan 70 gram seharga Rp. 15.000.00,  dark chocolate with cashew seharga Rp. 16.000.00. Vicco milk chocolate.  Untuk coklat yang dikemas seperti permen dan dijual dalam tabung harganya Rp. 45.000.00. Produk kopi kemasan pun terdiri dari harga yang bervariasi mulai kemasan kecil dengan harga Rp. 8.000.00.

Tak perlu pergi jauh untuk berwisata edukasi dan memperoleh pengetahuan tentang kopi dan kakao sambil mencicipi coklat asli Jember tentunya. Demikianlah perjalanan study tour   siswa–siswi SMPN 2 Jember untuk melihat perkebunan kopi dan kakao serta pengolahan hasil tanaman kopi dan kakao hingga menjadi produk coklat yang dapat dikonsumsi.  Perjalanan wisata edukasi kami berakhir hingga pukul 13.00 WIB.

Foto bisa di lihat di : ALBUM FOTO - 2016-2017

Laporan ditulis oleh :
Aisyah, Winova, Hilyah VII D
Gladies, Rafida, Orchid, Tangguh VII E

Foto oleh :
Gaga dan Abiyyu VII A