24 Sekolah di Jember Laksanakan UNBK

"Alhamdulillah sebanyak 24 sekolah negeri dan swasta bisa melaksanakan UNBK dan tahun ini pertama kalinya sekolah di Jember menggelar ujian nasional dalam jaringan"

 
Jember (Antara Jatim) - Sebanyak 24 sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).
 
"Alhamdulillah sebanyak 24 sekolah negeri dan swasta bisa melaksanakan UNBK dan tahun ini pertama kalinya sekolah di Jember menggelar ujian nasional dalam jaringan," kata Kepala Dinas Pendidikan Jember, Bambang Hariono, di Jember, Senin.
 
Beberapa sekolah tersebut di antaranya SMP Negeri 2 Jember, SMP Negeri 3 Jember, SMP Negeri 1 Jember, SMA Negeri 1 Jember, SMA Negeri 2 Jember, dan seluruh SMK negeri di Kabupaten Jember.
 
"Dinas Pendidikan sudah melakukan koordinasi dengan 24 sekolah yang melaksanakan UNBK tersebut terutama untuk sarana dan prasarana yang mendukung ujian nasional dalam jaringan itu," tuturnya.
 
Menurutnya, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga sudah diundang di Kabupaten Jember untuk memberikan pelatihan dan instruktur terkait dengan pelaksanaan UNBK tersebut.
 
"Persiapan secara teknis dengan melakukan pelatihan dan uji coba di sekolah-sekolah sudah dilakukan, sehingga saya optimistis 24 sekolah negeri dan swasta yang melaksanakan UNBK sudah siap," ucapnya, menjelaskan.
 
Bambang mengimbau kepada pihak sekolah, agar pelaksanaan UNBK tersebut dilakukan dengan sebaik-baiknya dan bukan hanya mengejar gengsi sekolah saja.
 
"Pelaksanaan UNBK jgn hanya sekedar gengsi tapi ujian nasional secara daring merupakan keharusan yang nantinya seluruh sekolah di Jember harus melaksanakan UNBK itu," ujarnya.
 
Sementara Humas SMP Negeri 3, Nurul Hasan mengatakan pihak sekolah sudah siap melaksanakan UNBK dengan menyiapkan sejumlah peralatan berupa komputer untuk mengerjakan soal UN.
 
"Jumlah siswa yang akan mengikuti UN sebanyak 291 orang, sedangkan jumlah komputer yang tersedia di sekolah sebanyak 100 unit lebih, sehingga sarana dan prasarana sudah siap," tuturnya.
 
Menurut dia, pihak sekolah sudah melakukan sosialisasi kepada orang tua dan siswa tentang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer tersebut, sehingga diharapkan seluruh siswa bisa memahami hal tersebut.
 
"Kami juga sudah melakukan simulasi pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 3 Jember dan hasilnya seluruh siswa bisa beradaptasi dengan baik dalam menjawab soal-soal UNBK itu," katanya.(*)
 
Editor: Chandra Hamdani Noer (http://www.antarajatim.com/lihat/berita/173862/24-sekolah-di-jember-laksanakan-unbk)